Dinas Perhubungan Provinsi NTB

Materi Pertama Webinar Penyelenggaraan Statistik Sektoral Berkualitas Untuk NTB Gemilang

Materi pertama Webinar Penyelenggaraan Statistik Sektoral Berkualitas Untuk NTB Gemilang oleh Kepala Diskominfotik Provinsi NTB Bapak I Gede Putu Aryadi, S.Sos., MH tentang mewujudkan pemerintahan terbuka (Open Goverment) melalui NTB Satu Data.

Provinsi NTB dari 6 Misi pemerintahan yang diusung Bapak Gubernur dan Ibu Wakil Gubernur, pada Misi ke-2 berbunyi pemerintahan yang bersih dan melayani dimana indikator paling pentingnya adalah TERBUKA. Terbuka dalam arti semua orang bisa dengan mudah mengakses informasi yang dibutuhkan, ketika ingin mengenal NTB lebih dekat atau mengembangkan aktivitasnya di NTB.

Sebelum terbitnya Perpres No.39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, Pemerintah Provinsi NTB sudah lebih dahulu meluncurkan program unggulan yaitu NTB Satu Data. Kedudukan BPS sebagai pembina data statistik sektoral, Diskominfotik Provinsi NTB dalam regulasi sebagai wali data dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebanyak 46 OPD sebagai produsen data statistik sektoral yaitu seluruh data yang terkait dengan penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah dan proses penilaian publik yang dikuasai oleh Pemerintah Daerah.

Portal NTB Satu Data hari ini menyajikan ribuan jenis data sektoral, namun saat ini belum terhubung dengan Kabupaten/Kota dan Desa sehingga data yang disajikan mungkin belum sepenuhnya dapat memenuhi harapan dan kebutuhan pengguna data. NTB Satu Data saat ini dominan memuat data terkait urusan-urusan Pemerintahan Provinsi NTB.

Bagaimana kita bisa mewujudkan NTB Satu Data jika belum ada sinkronisasi data antara Provinsi, Kabupaten/Kota hingga Desa. Data Statistik sektoral harus dibangun semua pihak, sehingga sangat dibutuhkan keterlibatan semua pihak sampai element terkecil Desa untuk mewujudkan data yang dapat dikatakan berkualitas baik karena pentingnya keberadaan data dan informasi yang valid, lengkap dan akurat untuk keberhasilan pembangunan. PR kita bersama seluruh OPD karena belum ada Sistem Informasi yang nantinya terkoneksi dengan Satu Data masing-masing di Kabupaten/Kota bahkan Desa. Belum ada sistem/teknologi informasi untuk mengintegrasikan NTB Satu Data dengan Satu Data Kabupaten/Kota bahkan Desa.

Beberapa waktu lalu akhirnya setelah berkoordinasi dengan Kepala BPS Provinsi NTB Suntono, SE, M.Si terkait permasalahan diatas, BPS dapat mengembangkan aplikasi yang dinamakan RUDAT’S yaitu sebuah karya aplikasi data statistik yang menampilkan data statistik sektoral dari level administrasi terkecil yaitu Desa. Harapannya dengan kehadiran aplikasi RUDAT’S ini nantinya semua sektor dapat mendukung terwujudnya Satu Data Indonesia (SDI).

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *