Dinas Perhubungan Provinsi NTB

TRANSFORMASI PERHUBUNGAN DARAT UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN DAN PELUANG MENJADI TEMA RAKORNIS PERHUBUNGAN DARAT TAHUN 2021

(08/04/2021) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Perhubungan Darat Tahun 2021 dengan tema Transformasi Perhubungan Darat Untuk Menghadapi Tantangan dan Peluang. Kegiatan ini digelar di Crowne Plaza, Jakarta pada Kamis 8 April 2021.  Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya kegiatan Rakornis tahun ini dilaksanakan secara virtual mengingat adanya pandemi Covid-19 saat ini selain itu optimalisasi serta dukungan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin meluas.

Kegiatan Rakornis ini dibuka oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Dalam pengarahannya Menteri Perhubungan menyampaikan terdapat  5 (lima) isu strategis yang perlu penanganan secara cepat, yaitu persiapan pengendalian transportasi di masa Angkutan Lebaran Tahun 2021, penanganan angkutan barang Over Dimensi dan Over Load (ODOL), pembangunan infrastruktur transportasi darat, peningkatan keamanan dan keselamatan Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP), dan dukungan Long Distance Ferry (LDF) pada Logistik Nasional.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa permasalahan di Bidang Perhubungan Darat sangat luas sehingga membutuhkan sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah daerah  melalui Dinas Perhubungan yang berada di provinsi dan di kabupaten/kota, instansi lintas sektor dan  para stakeholder untuk bersama-sama mendukung program-program di bidang perhubungan darat.

Beberapa kegiatan juga dirangkaikan dalam acara Rakornis ini yaitu penyerahan penghargaan kepada PPNS, penyerahan penghargaan kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), penyerahan sertifikat SMK Perusahaan Angkutan Umum, Peluncuran dashboard e-Hubdat dan peresmian penggunaan GeNose di Terminal Tipe A.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *